Yang Mau Menikah, Simak Nasehat Ini, Spele Tapi Tak Sedikit Yang Lalai

nasehat sebelum menikah dalam islam

Islam menempatkan pernikahan sebagai sesuatu yang agung | melaksanakan nikah sesuatu yang mulia.

Jika akad nikah merupakan ibadah, maka membangun rumah tangga harus dikedepankan agar berkah terus singgah | mitsaqan ghalizan, sebuah perjanjian berat dengan sejumlah konsekuensi ketat.

Nikah melahirkan sejumlah hak, tapi nikah juga melahirkan kewajiban | nikah terkadang menjadi tidak harmonis ketika suami atau isteri hanya menuntut hak tapi melupakan kewajiban. Tunaikanlah kewajiban sepenuh hati niscaya hak akan datang dengan sendirinya pasti.

Harta memang penting dalam membangun keluarga, tapi harta bisa habis karena celaka | kecantikan pun harus terus dijaga, tapi itu pun akan sirna karena dijemput oleh usia.

Yang lestari di dalamnya adalah cinta yang dibalut takwa | karenanya, tumbuhkan di antara kita semangat taawun, kreatif menolong istri/suami, menyenangkan istri/suami.

Tak boleh lupa, biasakanlah saling mendoakan. Ketika bersimpuh di atas sajadah, sebelum atau sesudah shalat memohon sesuatu, jangan lupa sertakan permohonan untuk keselamatan dan kebahagiaan istri dan suami.

Atau pada saat sedang memohon ampun kepada Allah, sertakan permohonan ampun untuk istri/suami. Doa yang terbaik adalah doa untuk orang lain terutama suami/istri disertai dengan ketulusan dan ikhlas di hati.

Jika suatu saat suami dihadapkan suatu masalah yang berat, istri hendaknya mengambil air wudu dan melaksanakan shalat syukrul wudhu dan berdoa: Yaa Allah tolong dia, sayangi dia, rahmati dia, berkati dia | pintu arsy seolah terbuka, ribuan malaikat turun mengamini doa istri yang tulus dan ikhlas.

Rumah tangga adalah bagian dari kehidupan duniawi yang fana | rumah tangga sangat bergantung bagaimana menyikapi ujian demi ujian yang ada.

Menyadari kekurangan diri adalah pintu gerbang perbaikan diri | tidak sadar akan kekurangan diri dan merasa sempurna akan sulit diperbaiki.

Betapapun besar ujian yang melanda, jangan pernah berputus asa dari pertolongan Allah azza wa jalla.

Akhukum, @rikinasrullah